5 Hal Wajib Yang di Ketahui Sebelum Melamar Ke ASTRA GROUP | Career Astra

By | Oktober 23, 2021

5 Hal Wajib Yang di Ketahui Sebelum Melamar Ke ASTRA GROUP | Career Astra | Career Astra | Siapa yang tak kenal nama Astra International? Selama 60 tahun eksistensinya, perusahaan ini dipandang bergengsi di kalangan masyarakat, tak terkecuali di mata para pencari kerja.

Hingga kini Astra International (Astra) telah memiliki 7 segmen usaha. Di antaranya, otomotif, jasa keuangan, alat berat, pertambangan dan energi, agribisnis, infrastruktur, logistik, teknologi informasi, serta properti.

Melalui produk-produknya, ragam bisnis Astra mampu memasuki berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak heran jika bisa berkarier di perusahaan ini menjadi idaman banyak orang.

Meski begitu, sebelum Anda memutuskan untuk melamar kerja dan berkarier di Astra, ketahui dahulu lima hal yang menjadikan perusahaan ini incaran para pencari kerja.

5 Hal Wajib Yang di Ketahui Sebelum Melamar Ke ASTRA GROUP | Career Astra

1. Budaya kerja

Selain besarnya nama perusahaan, budaya kerja juga menjadi aspek penting yang dipertimbangkan oleh pencari kerja.

Budaya yang baik dan mendukung akan memengaruhi kinerja dan loyalitas karyawan di suatu perusahaan.

Menurut pengakuan karyawannya, Astra International tenyata memiliki budaya kerja yang sangat teratur, dinamis, dan sistematis, tapi tidak kaku.

Jika Anda kunjungi halaman Astra di situs Jobplanet, penilaian kepuasan karyawan terhadap budaya kerja di perusahaan ini paling tinggi dibandingkan faktor-faktor lain.

“Memiliki budaya kerja yang sangat teratur dengan sistem yang jelas. Salah satu tempat paling baik di skala perusahaan swasta sebagai tempat untuk menempa keterampilan dan meningkatkan nilai diri.”- Karyawan HR/Admin.

“Budaya perusahaan yang dinamis, sistematis, suasana santai dan tidak kaku, banyak acara yang bermanfaat untuk pengembangan karyawan/pemagang, makan siang dan parkir gratis.”- Mantan karyawan Media / Public Relations.

2. Gaji Karyawan

Mendengar nama Astra, ekspektasi pelamar terhadap besar kompensasi yang diberikan perusahaan mungkin cukup tinggi. Pasalnya di Indonesia, Astra dikenal luas sebagai perusahaan besar nan mapan.

Rupanya untuk urusan gaji Astra memberikan angka yang cukup bersaing untuk setiap levelnya.

Anda penasaran berapa rata-rata gaji karyawan Astra untuk posisi lainnya? Anda bisa cek daftar gaji selengkapnya di sini.

3. Keuntungan Lainnya

Keuntungan yang ditawarkan oleh Astra untuk karyawannya terbilang cukup lengkap. Tampaknya kesejahteraan karyawan yang merupakan aset penting perusahaan menjadi salah satu perhatian utama Astra.

Hal ini terbukti dari ulasan yang ditulis oleh beberapa karyawannya berikut ini:

“Perusahaan ini sangat mengutamakan kesejahteraan karyawan. Tunjangan kesehatan dan tunjangan lainnya lengkap, gaji setiap tahunnya naik dan sistem demokrasinya baik.”- Karyawan Finance/Akunting.

“Perusahaan ini memberikan fasilitas yang cukup lengkap, dari tunjangan hari tua, asuransi, komisi, uang makan, dan transport.” – Karyawan Marketing.

4. Seleksi Masuk Karyawan

Sebelum Anda menjadi bagian dari Astra International, tentunya Anda harus melewati tahap-tahap seleksi yang cukup panjang dan ketat. Mulai dari menyerahkan CV dan surat lamaran kerja atau secara ONLINE (DISINI), tes daring, psikotes, FGD (Focus Group Discussion) khusus untuk calon karyawan MT (Management Trainee), wawancara HRD dan user, hingga tes kesehatan.

5. Wawancara

Guna mendapatkan talenta-talenta yang berkualitas, tentunya Astra tak akan sembarangan menyaring calon karyawannya.

Dalam proses wawancara, selain menanyakan pertanyaan yang umum seputar CV dan pengalaman kerja, perusahaan juga menantang para kandidat dengan pertayaan-pertanyaan tak terduga.

Beberapa pertanyaan di bawah ini mungkin dapat menjadi referensi Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi wawancara di Astra.

“Apakah Anda bersedia ditempatkan di luar kota? Apakah Anda bersedia menjadi presenter? Apakah Anda bersedia bernyanyi di hadapan saya?” – Kandidat Staf HR/Admin: lulus.

“Jika perusahaan menghadapi masa-masa sulit atau sedang agak bangkrut, apakah kamu mau terus bertahan di perusahaan ini atau mau pindah?” – Kandidat Manager IT/Internet: lulus.

Meski kedengarannya unik, tetapi pertanyaan-pertanyaan di atas sering kali merupakan strategi jebakan perusahaan untuk mengenal kepribadian atau cara berpikir kandidat. Jadi, selalu persiapkan diri Anda terhadap kemungkinan menerima jenis pertanyaan tersebut.

Setelah mengetahui kelima hal di atas, apakah Anda semakin tertarik menjadi bagian dari Astra International? Jika anda tertarik Silahkan lihat Career Astra Group Di akhir postingan ini.

One thought on “5 Hal Wajib Yang di Ketahui Sebelum Melamar Ke ASTRA GROUP | Career Astra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *